Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

Memulai usaha bukan hanya bergantungan dari pengalaman ataupun modal yang besar. Kita juga bisa membuat bisnis dengan modal kecil yang sangat terbatas asal dikelola dengan baik dan benar. Karena menetapkan cara memulai usaha sendiri dengan modal kecil pun tidak akan membuat usaha kita kalah saing dibandingkan usaha-usaha besar lainnya.

Namun, tidak semua orang memiliki skill untuk mengelola modal kecil menjadi keuntungan besar. Perlu wawasan, pengetahuan, dan kemampuan yang harus kamu latih supaya bisa sukses lewat bisnismu.
Daripada selalu ragu untuk memulai usaha dengan modal terbatas, berikut tips dan cara memulai usaha yang dapat kamu ikuti. simak artikel ini sampai akhir, ya!

1. Memulai usaha dengan tekad dan mencari kebutuhan dengan harga grosir
Setiap orang bisa memulai usaha dengan modal kecil sekalipun. Dengan cara meyakinkan diri dan bertekad untuk memulai usaha, seperti menentukan dulu usaha apa yang ingin dijalani.Lalu bisa dimulai terlebih dahulu dari  membeli segala perlengkapan dan kebutuhan usaha dengan mencari barang atau bahan yang harganya miring atau grosir. Namun, tetap perlu memperhatikan kualitas dari barang tersebut. Dengan modal yang kecil, justru lebih termotivasi untuk menjalankan usaha dan mendapatkan keuntungan.


2. Merencanakan biaya awal untuk memulai usaha
Rencana bisnis akan membuat kamu lebih fokus dan terarah saat menjalankan bisnis. tujuannya untuk merintis bisnis agar tercapai sesuai target yang ditetapkan. Selain itu, usahakan biaya awal tadi bukan dari hasil pinjaman dengan usaha lain, karena akan lebih menikmati hasil yang didapat dari uang tabungan sendiri. Pastikan mencatat semua biaya awal dan pengeluaran. Jangan sampai biaya awal habis hanya untuk membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan.


3. Libatkan keluarga atau orang terdekat dalam menjalankan usaha dengan modal kecil
Cara memulai usaha dengan modal kecil tanpa harus merekrut karyawan, bisa libatkan orang orang disekitar kamu, seperti keluarga,saudara,sahabat untuk membangun bisnis di tahap awal. dan tidak akan banyak menuntut.
Misalnya bekerja sama dengan keluarga dan orang terdekat yang kamu percayai. Sebab biasanya mereka tidak akan menuntut terlalu banyak pada hasil yang diberikan dan dengan senang hati mau membantu usaha kecil anda.

4. Melakukan riset pasar sebelum memulai usaha
Melakukan riset terhadap pasar bisa menambah peluang untuk mendapatkan omset serta keuntungan besar
Oleh karena itu dengan melakukan riset pada pasar, Pelaku usaha bisa mengetahui solusi atas permasalahan yang terjadi secara tepat sasaran. Dengan riset pasar juga akan membantu menentukan siapa yang menjadi pesaing Anda. Pesaing bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, karena Anda bisa belajar menganalisa apa yang menjadi keunggulan bisnis Anda dibandingkan pesaing.


5. Manfaatkan media sosial dengan baik
Memanfaatkan kecanggihan sosial media saat ini, karena dengan sosial media sebagai pengusaha yang baru memulai usaha dengan modal kecil. bisa mempromosikan usaha secara gratis.
Cobalah mem-posting dengan gambar-gambar menarik dan berikan promo-promo setiap harinya, lewat berbagai media sosial, mulai dari instagram, facebook, whatsApp. Dan jika ingin menjalankan bisnis online bisa mempromosikan lewat Shoope, Tokopedia, dan sebagainya.
Pemasaran melalui media sosial dengan menyebarkan informasi tentang bisnis atau usaha kamu di internet, orang-orang akan mengetahui dan bisa meningkatkan brand awareness.


6. Selalu melakukan inovasi produk
Jika usahamu sudah mulai berjalan, jangan lupa untuk selalu memutar modal. Untuk mengembangkan inovasi pada usaha kamu agar dapat terus bertahan. Hal tersebut akan mendatangkan apresiasi, sehingga bisa menarik minat lebih banyak audiens dibanding usaha yang monoton, dan meningkatnya profit perusahaan.
Kamu bisa melakukan inovasi pada usaha kamu dengan melibatkan pihak lain, seperti rekan kerja sama pengusaha. dengan cara menghadiri acara seputar bisnis dan kewirausahaan kamu bisa bertemu dengan pengusaha-pengusaha lain yang memiliki banyak pengalaman.

7. Temukan bahan baku berkualitas harga murah
Dengan modal usaha yang kecil, kamu sebenarnya bisa mencoba berbagai jenis atau bidang usaha. Cobalah untuk mencari supplier yang mampu memberikan kualitas bagus dengan harga yang murah.
Cari diberbagai media di internet maupun bertanya pada pebisnis lain untuk mendapatkan informasinya. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan kamu tetap bisa menikmati hasil dari penjualan itu. dan jangan ragu untuk melakukan negoisasi harga kepada supplier agar bisa memberikan harga yang terjangkau.

8. Menggunakan Modal dengan Bijak dan aman
Hindari membeli barang-barang yang belum perlu dibutuhkan. Karena modal yang dimiliki tidaklah banyak, sehingga jangan sampai modal sudah habis hanya untuk membeli barang-barang yang tidak begitu penting diperlukan dalam usaha modal kecil.
Untuk lebih aman, telebih dahulu kamu bisa membuat rencana belanja secara lengkap dan terperinci, agar nantinya tidak salah langkah membelanjakan modal usaha.


Demikian 8 cara memulai usaha dengan modal kecil yang bisa kamu pahami dan praktikkan dalam usaha atau bisnis yang akan kamu bangun. Jangan menjadikan modal kecil sebagai alasan dan penghambat kamu untuk memulai usaha, ya.